YUK NABUNG SAHAM

 

Tahukah Anda saat menabung sudah tidak hanya di bank, tetapi juga menabung di saham. Apa saja keuntungan nabung saham?

Pada tanggal 12 November 2015 lalu, Bursa Efek Indonesia bersama Otoritas Jasa Keuangan meresmikan kampanye “Yuk! Nabung Saham”. Peresmian kampanye tersebut dilakukan oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Bapak Jusuf Kalla. Meskipun sudah diresmikan, ternyata masih banyak yang bertanya seperti apa langkah konkret menabung saham? Lalu tentu pertanyaan berikutnya adalah apakah memang menabung saham itu menguntungkan?

 

Nabung Saham Biar Lebih Untung

Produk keuangan bernama saham, adalah produk pasar modal. Pasar Modal adalah pasar alias tempat bertemunya pembeli dan penjual. Pembeli disini adalah orang-orang yang membutuhkan saran investasi produk keuangan (sering juga disebut investor). Penjual adalah orang-orang yang membutuhkan dana jangka panjang.

Dalam menabung saham, hal pertama yang perlu Anda perhatikan adalah, bahwa time horizon menabung saham itu tujuannya untuk jangka panjang, paling tidak lima tahun. Karena bila kurang dari lima tahun, bisa menunjukkan variasi kenaikan dan penurunan yang cukup tinggi, dan juga menghindari peluang kerugian.  Selain itu, kalau jangka waktu menabung kurang dari lima tahun, maka pilihannya bukan saham, dalam hal ini bisa obligasi atau deposito.  

Perlu konsisten dalam menabung saham . Artinya, apapun kondisi bursa, apakah itu sedang bearish atau bullish, Anda tetap secara konsisten menabung. Misalnya secara nominal setiap bulan Anda berencana untuk menabung Rp. 500.000. Misalkan kondisi bursa bulan ini lagi bearish, harga saham A Rp 600 per lembar. Kemudian Anda membeli delapan lot (1 lot = 100 lembar). Bila bulan depan bursa bullish, dan harga saham A, naik jadi Rp. 700 per lembar, maka Anda tetap beli dengan nominal yang sama, meskipun hanya dapat 7 lot saham. Secara rata-rata harga saham A yang anda beli kurang lebih Rp 650 per lembar. Dan seterusnya selama jangka waktu 60 bulan tersebut.

Pilihlah saham yang fondamentalnya bagus. Menilai fundamental adalah menilai bagus tidaknya perusahaan yang terdaftar di bursa efek. Memilih perusahaan-perusahaan yang terdaftar di bursa, yang mempunyai potensi pertumbuhan yang bagus dan baik.

 

Manfaat Nabung Saham

Jika teman-teman ikut nabung saham, maka keuntungan yang didapat adalah:

  1. Mendapatkan capital gain atau keuntungan dari selisih harga jual dan harga beli.
  2. Mendapatkan dividen atau pembagian keuntungan perusahaan.

 

Selain keuntungan, juga ada potensi kerugiannya, yaitu:

  1. Capital lossatau penurunan harga saham. Risiko ini terjadi jika, harga jual lebih kecil dibandingkan dengan harga beli.
  2. Risiko likuidasi jika ternyata Anda membeli saham sebuah perusahaan, dan perusahaan tersebut bangkrut.

Setiap pembelian saham, harus menyiapkan dana sesuai dengan harga saham plus fee untuk perusahaan sekuritas. Fee tersebut disebut dengan istilah fee broker.

Wah ternyata transaksi jual beli saham tidak terlalu rumit bukan? Tantangan dalam transaksi atau perdagangan saham adalah:

  1. Beli saham apa?
  2. Beli diharga berapa?
  3. Jual di harga berapa?

Kita dapat mempelajari lebih lanjut mengenai perdagangan saham, dengan menggunakan analisis teknikal maupun analisa fundamental.

Bagaiamana Cara Memulai Nabung Saham?

Berikut ini enam langkah yang harus Anda lakukan untuk mulai nabung saham:

  1. Buka rekening efek
  2. Tentukan nominal dana yang disediakan untuk nabung saham
  3. Tentukan saham yang ingin ditabung
  4. Setor dana secara rutin setiap periode
  5. Beli saham secara rutin setiap periode
  6. Mulai menabung saham

 Rekening Efek adalah rekening yang digunakan untuk melakukan transaksi jual dan transaksi beli efek yang dibayar/diterima secara tunai pada waktu jatuh tempo.

Rekening Dana Investor atau Sub Rekening Efek adalah Rekening di Bank atas nama investor yang terpisah dari rekening sekuritas (atas nama sekuritas) yang digunakan untuk keperluan transaksi jual beli saham oleh investor.

Apakah proses pembukaan rekening efek rumit? Jawabannya tidak. Anda hanya cukup datang ke perusahaan sekuritas dan mengisi formulir pembukaan rekening efek. Perusahaan sekuritas akan memproses data Anda dan setelah diproses rekening Anda akan aktif. Setelah rekening efek Anda aktif, Anda bisa langsung mentransfer dana ke rekening untuk melakukan transaksi (beli dan jual saham).

Dokumen-dokumen yang perlu Anda siapkan saat membuka rekening efek adalah:

  1. Fotokopi KTP
  2. Fotokopi NPWP (jika tidak ada, Anda dapat melampirkan NPWP orang tua atau suami)
  3. Fotokopi halaman depan buku tabungan
  4. Materai 6 ribu sebanyak 2 buah

Berapa Dana yang Dibutuhkan untuk Ikutan Nabung Saham?

Program yuk nabung saham ini dapat dimulai dengan dana yang mini, alias Rp 100.000 per bulan. Bayangkan dengan uang sebesar Rp 100.000 per bulan, Anda sudah bisa membeli saham perusahaan. Keren kan?

 

HAP

Semoga bermanfaat

Sumber Referensi :

  • Website resmi Bursa Efek Indonesia : yuknabungsaham.idx.co.id