KILAS BALIK DANA PENSIUN YAKKUM

  1. Pendahuluan

Dana Pensiun YAKKUM, awal mula bernama Yayasan Dana Pensiun Yakkum oleh banyak orang menyebut dengan singkatan (YDP), adalah sebuah lembaga nirlaba yang bergerak pada bidang Dana Pensiun, yaitu lembaga yang mengelola dana dari Iuran Peserta dan Pemberi kerja dengan tujuan memberikan jaminan kesinambungan penghasilan bagi Karyawan di jajaran YAKKUM.

Perjalanan panjang sudah dilalui oleh Dana Pensiun YAKKUM, dengan berbagai macam gejolak ekonomi, maupun perubahan peraturan perundang-undangan yang mendasari berdirinya Dana Pensiun YAKKUM, sehingga berdampak pula pada perkembangan Dapen YAKKUM. Hal ini terlihat nyata pada bentuk badan/ lembaga, semula berbentuk Yayasan, karena perubahan aturan, maka berubah menjadi Dana Pensiun YAKKUM yang syah sesuai UU nomor 11 tahun 1992

 

  1. Pendirian Dana Pensiun YAKKUM

Pengurus YAKKUM  sangat memperhatikan makna dari kesejahteraan karyawan, baik bagi karyawan yang masih aktif bekerja maupun karyawan yang sudah memasuki purna karya. Berkaitan dengan jaminan kesejahteraan bagi purna karya, Pengurus YAKKUM pada hari Selasa tanggal 24 Januari 1978, dihadapan Notaris Soehartinah Ramli, SH. dengan bermodal dana sebesar Rp. 2.000.000,- (dua juta rupiah) mendirikan sebuah Yayasan dengan nama Yayasan Dana Pensiun YAKKUM .

 

Adapun Tokoh-tokoh pendiri Yayasan Dana Pensiun YAKKUM adalah :

  1. Bapak dr. Guno Samekto
  2. Bapak Drs. Rachman Setawidjaja
  3. Bapak dr. Timotius Widyanto
  4. Bapak dr. Pristiwadji Siswosumanto
  5. Bapak dr. Soetidjap Ngarso
  6. Bapak Widjonohadi

Dari tangan-tangan mereka fondasi dasar Yayasan Dana Pensiun YAKKUM diletakkan dan akhirnya terbangunlah sebuah lembaga yang berfungsi memberikan kesinambungan penghasilan bagi karyawan YAKKUM setelah memasuki purna karya.

 

  • Letak/ Domisili Dana Pensiun YAKKUM

Dana Pensiun YAKKUM  awal mula didirikan berkantor di Jl. Jendral Sudirman nomor 70 Yogyakarta, dengan nama Yayasan Dana Pensiun Yakkum (YDP), kemudian seiring dengan pertumbuhan aset dan tuntutan perkerjaan, maka pada tahun 1990 lokasi Kantor (YDP) berpindah tempat di Jl. Gejayan Santren 22, Yogyakarta.

Dengan mempertimbangkan peningkatan pelayanan kepada Peserta, serta memperhatikan jumlah peserta RS. Bethesda memiliki jumlah Peserta paling banyak sendiri, maka pada tahun 2006 Kantor Dana Pensiun YAKKUM kembali menyatu dengan RS. Bethesda, yaitu di Jl. Jend. Sudirman 70 Yogyakarta hingga saat ini.

 

  1. Prestasai (3) Tahun Terakhir

Dana Pensiun YAKKUM terus menunjukan pertumbuhan yang cukup menggembirakan, terlepas dari tekanan kondisi ekonomi nasional yang tergerus akibat dari goncangan ekonomi dunia, sehingga menekan pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hingga akhir bulan Oktober 2015 Dana Pensiun YAKKUM memiliki total aset neto sebasar Rp. 146.614.575.219,- dengan jumlah Peserta aktif sejumlah  3.838 orang sedang manfaat pensiun yang dibayarkan Rp. 7.527.225.157,-.

 

Apabila kita menengok kebelakang dalam jangka waktu 3 tahun kebelakang, Dana Pensiun YAKKUM bisa mengukir prestasi yang gemilang, hal ini dibuktikan dengan pengakuan dari lembaga BKS Dapen-KI dengan memberikan piagam penghargaan, antara lain :

  1. Tgl 19 September 2012 menerima piagam BKS Award 2012 kategori Dana Pensiun program PPIP terbaik Tahun 2011.
  2. Tgl 21 September 2013 menerima piagam BKS Award 2013 kategori Dana Pensiun program PPIP terbaik Tahun 2012.
  3. Tgl 12 September 2015 menerima piagam BKS Award 2015 kategori Dana Pensiun program PPIP terbaik Tahun 2014.

 

Prestasi yang diperoleh Dana Pensiun YAKKUM tersebut, tidak lepas dari usaha Pengurus dan kerja keras dari seluruh Karyawan serta pengawasan dari Dewan Pengawas Dana Pensiun YAKKUM, adapun personalianya adalah sebagai berikut :

Pengurus :

  1. Heru Adi Prasetya, SE.MM.Ak. CA., selaku Ketua I
  2. Emanuel Hindro Cahyono, SE. MM., selaku Ketua II
  3. Ir. Toni Sudartono, selaku Sekretaris
  4. Purna Sejati, SE., selaku Bendahara merangkap Kepala Kantor
  5. Agung Suprihatin, S.Si.Apt., selaku Anggota

 

Dewan Pengawas :

  1. Harijono, Ph.D., selaku Ketua
  2. Tonggo Subroto, M. Kes., selaku Sekretaris
  3. Idayanti Willy Santosa, selaku Anggota
  4. Agustinus Luhung Daru Pramana, SE., selaku Anggota

 

Karyawan :

  1. Dwi Yulianto Nugroho, selaku staf Bagian Kepesertaan
  2. Catur Hadiriyanto, selaku staf Bagian Keuangan
  3. Madyas Tuti Nawang Tyasti, selaku staf Bagian Akuntansi

 

 

Penghargaan :